Kalla Transport & Logistics Sosialisasikan Pengadaan Kendaraan Melalui E-Catalogue LKPP

Dalam rangka mendukung program pemerintah untuk menerapkan sistem pengadaan barang/jasa, dengan menggunakan CSR sistem pengadaan elektronik e-katalog,

berdasarkan Peraturan Presiden nomor 16 tahun 2018 tentang pengadaan Barang/Jasa Pemerintah, serta rencana program peralihan pengadaan kendaraan operasional menjadi sistem sewa kendaraan.

PT Bumi Jasa Utama - Kalla Transport dan Logistic selaku penyedia yang terdaftar di Lembaga Kebijakkan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP RI) dan E-Purchasing (E-Katalog),mengadakan sosialisasi kepada Pemerintah Kota (Pemkot) Balikpapan dengan Invitation Gathering & Sharing Session Penggunaan E-Katalog di Ballroom Hotel Grand Tiga Mustika, Selasa (27/8/2019)

Andi Muhammad Gunawan, Selaku Direktur Operasional Kalla Toyota PT Bumi Jasa Utama mengatakan, pertama acara ini adalah acara yang untuk sosialisasikan di e-Katalog.

E-Katalog ini sebenarnya sudah lama, tapi untuk e-Katalog dalam rental kendaraan baru 1 tahun yang lalu.

Sosialisasi ini lebih kepada klien untuk proses pengadaan sehingga berharap dengan k sosialisasi e-katalog bisa membantu pemerintah dan ASN untuk belanja yang benar.

"Tentunya dengan tujuan ke sananya APBD dan APBN mereka masing-masing daerah bisa dibelanjakan dengan tepat.

Sehingga tidak perlu investasi belanja daerah kendaraan, dan yang kemudian biaya pemeliharaan yang cukup tinggi," kata Andi.

Dia menjelaskan, karena memang para PNS tidak konsentrasi bekerja pada pemeliharaan kendaraan. Sehingga PT Jasa Bumi Utama Kalla transport ini sudah cukup lama aktif untuk memperkenalkan programnya.


"Sekali mengsosialisasikan fasilitas yang sudah disediakan oleh negara dalam bentuk LKPP tersebut. Kalau kami untuk pengadaannya, memang ada dua LKPP pengadaan dan penyewaan," katanya.

Pengadaan tentunya  ada di LKPP untuk rental kendaraan ini baru sehingga perlu mengenalkan dan disosialiasikan.

"Bahwa Sekarang pun LKPP Negara menyediakan fasilitas kendaraan rental. Yang selama ini instansi pemerintah beli aset. Sehingga belanjanya mudah, dan perawatannya yang harus dikawal dengan baik,

sehingga benar- dalam proses pengadaan kendaraan yang ada tidak mengeluarkan budget yang banyak," ucapnya.

Untuk daerah lain proses seperti ini sudah banyak berjalan. di Kaltim perdana di Balikpapan. Nantinya Kalla Transportasi akan jalan dibeberapa provinsi lain.

"Kita tidak masalah untuk kendaraannya, semua jenis kendaraan dan produk bisa disediakan. Biasa menyesuaikan kebutuhan instansi tersebut," kata Andi.


Adapun keuntungan yang didapat sangat banyak sekali, salah satunya servisnya berkala, karena pemerintah tidak lagi mengeluarkan budget servis.

"Servis kendaraan sudah masuk dalam harga rentalnya, sementara teman-teman pemerintah tidak memiliki ketepatan dalam servis.

Bahkan sampai asuransinya pun ditanggung, ketika ada kendaraan rusak kita ada mobil pengganti. Tidak perlu harus ribet pinjam-pinjam. Dan sangat memudahkan," katanya.

 


Sumber : https://kaltim.tribunnews.com